Friday, June 15, 2012

Cara Sehat Melakukan Begadang Yang Benar

Ironi memang kedengarannya, cara sehat begadang, begadang memang dapat merusak kesehatan anda secara menyeluruh, silahkan baca akibat buruk begadang. Tapi adakah cara sehat begadang yang benar seandainya semua terpaksa anda lakukan?

Walaupun begitu terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan agar tubuh tetap sehat walau mendapatkan waktu tidur yang kurang. Berikut ini beberapa tips cara sehat begadang, atau mungkin lebih tepatnya cara mendapatkan waktu tidur cukup dan sehat, seperti dikutip dari Livestrong, yaitu:.

1. Usahakan untuk melakukan tidur siang
Cobalah untuk melakukan tidur siang walaupun hanya 15 menit, jika memang waktu tidur malam anda kurang.

2. Lakukan olahraga setiap hari
Olahraga yang dilakukan tidak mesti olahraga yang berat-berat, cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda di sekitar lingkungan selama 30 menit. Olaraga yang teratur dan cukup akan membantu Anda bisa tidur cepat dan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

3. Hindari makan sebelum tidur
Sangat dianjurkan makan terakhir dilakukan setidaknya 2 jam sebelum tidur. Dengan begitu tubuh diharapkan akan ikut beristirahat dan tidak melakukan proses pencernaan yang berat. So, tidur anda dapat lebih nyenyak dan merasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

4. Jangan mengkonsumsi stimulan sebelum tidur
Secangkir kopi termasuk salah satu stimulan, kalau ingin konsumsi kopi sebaiknya 6 jam sebelum tidur. Hal ini karena jika dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur bisa mengganggu kualitas dan kuantitas tidur.

5. Rileks sebelum tidur
Usahakan untuk mematikan komputer, televisi dan elektronik lainnya 1 jam sebelum tidur karena melihat layar atau cahaya bisa mengelabui otak untuk berpikir bahwa hari masih terjaga. Meredupkan lampu dan mematikan elektronik bisa menenangkan pikiran dan tubuh dan dapat meningkatkan kualitas tidur anda.

Demikian, semoga justru dengan mengetahui cara sehat begadang ini, tidur anda menajadi berkualitas.

sumber

No comments:

Post a Comment